Wisata Alam

Danau Toba Serta Keindahannya

Danau Toba

Wisata Alam Indonesia - Siapa sih, yang tidak mengetahui keindahan dari Danau Toba? Danau Toba Merupakan danau vulkanik yang ada di Sumatera Utara dan merupakan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dan terdalam di dunia sekitar 450 Meter. Danau ini memiliki panjang 100 Km dan Lebar 30 Km. Danau Toba memiliki wisata alam yang sangat indah, wisata spiritual, wisata sejarah, ataupun wisata arsitektur dan kuliner. Suasananya begitu  sejuk dan menyegarkan, air yang jernih serta pemandangan yang mempesona dengan pengunungan yang hijau. 

Danau toba terbentuk akibat letusan gunung api super (Gunung Toba) sekitar 73.000-75.000 tahun lalu. Diperkirakan sekitar 2.800 Km kubik bahan vulkanik dimuntahkan dari perut bumi melalui gunung tersebut saat meletus.saat itu debu vulkanik yang ditiupkan angin telah menyebar ke separuh wilayah Bumi. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 Km di atas permukaan laut. Menurut perkiraan, letusan gunung api super tersebut menyebabkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies makhluk hidup. Letusan Gunugn Toba mempengaruhi peradaban dunia dengan terjadinya perubahan cuaca Bumi dan mulainya Zaman Es.

Di tengah Danau Toba terdapat sebuah Pulau yang bernama Pulau Samosir yang berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Di pinggiran Danau Toba juga terdapat satu objek wisata bernama Tanjung Unta karena daratan yang menjorok ke danau ini memang menyerupai punggung Unta. Di sekitar Danau Toba akan anda temukan pula tempat pemandian air belerang yang dipercaya bermanfaat untuk menyehatkan kulit.
Tanjung Unta

Banyak wisatawan memilih tinggal di Pulau Samosir yang berlokasi di tengah Danau Toba ini. Sebagai tempat tinggal asli masyarakat Batak Toba, Pulau Samosir memiliki peninggalan zaman purbakala berupa kuburan batu dan desa tradisional. Di Tomok (Pulau Samosir)  juga terdapat Makam Raja Sidabutar yang usianya sudah 500 tahun lebih. dan ada juga patung Sigale-gale (Patung yang bisa menari). Pulau Samosir sangat cocok buat anda untuk bersantai melepaskan kepenatan rutinitas kota.
Samosir

Parapat berjarak 176 Km dari Medan dan dapat dijangkau kurang dari 6 Jam dengan Bus. Ada dua Rute yang dapat dilalui yaitu Medan-Parapat atau melalui Medan-Berastagi. Agen perjalanan  wisata di Medan dapat pula menyediakan mobil sewaan dengan sopir. Saat tiba di Parapat, Anda dapat menaiki kapal ferri ke Pulau Samosir. Kapal Ferri beroperasi setiap satu jam setengah dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Dua tempat pendaratan di Samosir adalah Desa tradisional Tomok dan Tuk-Tuk  yaitu pusat hotel dan yang terdapat di pulau.

Buat anda yang di luar Sumatera Utara yang belum pernah mengunjungi Danau Toba, Tunggu apalagi, segera buat planning untuk melihat keindahan wisata alam Danau Toba yang luar biasa ini. Demikian postingan mengenai Informasi Danau Toba, semoga bermanfaat..^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

1 komentar:

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.