Wisata Halal Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Jangan Sampai Terlewat! Pastikan Mengunjungi 6 Tempat Wisata Halal Di Indonesia Ini - Mencari tempat wisata halal di Indonesia tidaklah sulit. Mayoritas penduduknya beragama Islam yang membuat banyak sekali tempat wisata halal yang bisa dikunjungi. 

Wisata Halal Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Nah, berikut ini beberapa tempat menarik yang wajib Anda kunjungi jika ingin mendapatkan makanan halal dengan mudah. Nuansa Islam di tempat-tempat ini pun sangat kental. 

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan 

Salah satu tempat wisata halal yang wajib Anda kunjungi adalah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Lokasinya berada di Ibukota negara, Jakarta. Anda akan langsung merasakan kentalnya nuansa Islam yang berbaur dengan buaya betawi begitu menginjakkan kaki di lokasi ini. 

Bahkan, pemerintah Indonesia sendiri memilih perkampungan ini sebagai percontohan destinasi wisata halal. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan suasana perkampungan yang ramai dan hangat. Tentunya, Anda pun bisa sedikit belajar sejarah Betawi saat berada di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. 

Masjid Istiqlal

Jangan lupa berkunjung ke Masjid Istiqlal jika sedang berada di Jakarta. Sesuai dengan namanya, tentu ini adalah salah satu tempat wisata halal. Umat Muslim biasanya tidak hanya berkunjung untuk melihat arsitekturnya saja tapi juga sekaligus beribadah. 

Salah satu daya tarik masjid ini adalah ukurannya. Bayangkan saja rasanya memasuki masjid terbesar se-Asia Tenggara! Selain itu, arsitektur dan bangunannya yang megah juga menjadi alasan kenapa banyak wisatawan yang sangat ingin berkunjung ke Masjid Istiqlal. 

Aceh 

Selain Jakarta, Anda juga bisa berkunjung ke Aceh. Aceh menjadi destinasi yang tepat untuk wisatawan yang sedang mencari tempat wisata halal di Indonesia. Nuansa Islam di lokasi ini sangat kental. Tak heran jika Aceh dijuluki Serambi Mekkah. 

Anda tidak akan sulit untuk melakukan sholat dan ibadah lainnya ketika berada di Aceh. Pasalnya, ada banyak sekali masjid dengan desain serta arsitektur yang unik, seperti Masjid Agung Baitul Makmur, Masjid Raya Ruhama, Masjid Oman Al-Makmur, dan lain sebagainya. 

Bahkan, pemerintah daerah Aceh menerapkan syariat Islam untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata alam di Aceh. Artinya, tempat wisata alam seperti Pulau Weh, Danau Laut Tawar, Air Terjun Pria Laot, dan lain-lain sangat ramah untuk wisatawan muslim. 

Sumatra Barat 

Sama halnya dengan Aceh, Sumatra Barat juga menerapkan syariat Islam dalam kehidupan. Bahkan, orang Minangkabau memiliki filosofi hidup berlandaskan Al-Quran. Sudah pasti, Anda akan mendapatkan atmosfir Islam yang kental saat berlibur ke Sumatra Barat. 

Tempat ini juga sudah mendapatkan penghargaan World Halal Tourism Award di tahun 2016. Ada banyak sekali destinasi yang ramah wisatawan muslim, seperti Danau Singkarak, Danau Maninjau, Pulau Mandeh, dan Ngarai Sianok. 

Mencari makanan halal di Sumatra Barat sangatlah muda. Tidak heran jika lokasi ini juga mendapatkan penghargaan World’s Best Halal Destination di tahun 2016. 

Jawa Barat 

Jawa Barat juga menyimpan banyak sekali destinasi menarik yang sangat disayangkan jika dilewatkan. Saat ini, pemerintah Jawa Barat juga sudah mulai mengembangkan wisata halal untuk menarik wisatawan muslim baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Destinasi menarik yang kental dengan nuansa Islam yang wajib Anda kunjungi antara lain, Masjid Terapung Gedebage, Makam Syekh Abdul Muhyi, hingga Makam Cut Nyak Dien. Tidak hanya mengedepankan tempat wisata yang ramah wisatawan muslim saja, Jawa Barat juga menawarkan kuliner, seni, dan budaya yang berlandaskan Islam. 

Artinya, Anda akan semakin mudah menemukan makanan dan minuman halal saat berkunjung ke area-area wisata tersebut. Bahkan, hotel dan tempat penginapan pun sudah dikonsep agar sesuai dengan syariat Islam. 

Jawa Tengah 

Bagi Anda yang suka menjelajahi candi-candi di Indonesia, jangan sampai melewatkan Jawa Tengah sebagai destinasi Anda. Pasalnya, banyak juga candi-candi di Jawa Tengah yang masih berhubungan dengan Islam. 

Di tempat ini, Anda bisa mengeksplorasi makam Walisongo yang memang populer sebagai penyebar ajaran Islam. Belum lagi banyak bangunan yang ikonik, seperti Masjid Agung Demak dan Menara Kudus. 

Jadi, tidak masalah jika Anda belum bisa berlibur ke luar negeri atau negara-negara Islam. Mulai saja dengan menjelajahi tempat wisata halal di Indonesia. 

Anda pasti memiliki banyak pilihan, termasuk tempat-tempat yang disebutkan di atas. Pengalaman yang Anda dapatkan saat berlibur di tempat wisata halal tidak akan kalah dengan tempat wisata lainnya.

3 komentar untuk "Wisata Halal Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi"

  1. Kirain memang buaya Betawi juga tadi, Min. Rupanya maksudnya budaya😁.


    Btw, di salah satu pulau di Sabang (lupa namanya) yang biasanya dikunjungi khusus buat snorkling, pas terakhir kali kami ke sana, agak ada beberapa turis mancanegara yang dengan santai berbikini ria juga pas snorkling. Kurang tau juga apakah memang dibiarkan pengelola setempat atau memang pihak pengelolanya enggak tau. 🙃

    BalasHapus
  2. Malah belum pernah ke Aceh, yang gitu dekatnya sama Medan.
    Alasannya karena aku kurang suka pantai (padahal pantainya cantik2, ya)
    Di Aceh ada gunung ngga, sih? atau wisata budaya atau pedesaan gitu?

    BalasHapus
  3. Wah jadi pengen liburan ke Sumbar ya, masih mupeng pengen ngunjungi Mentawai juga. Semoga aja bisa kesampaian makan nasi Padang langsung di Padang 😍

    BalasHapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com