Goa Tao Delapan Putri, Goa Perak dan Goa Emas di Danau Linting

Goa Tao Delapan PutriGoa Tao Delapan Putri, Goa Perak dan Goa Emas di Danau Linting - Sudah pada tahu belum Danau Linting? Danau ini merupakan salah satu danau indah yang ada di Sumatera Utara. Minggu, 22 Juni 2014, saya ke Danau Linting Untuk kedua kalinya. Sangatlah berbeda saat saya pertama kali ke Danau linting ini pada 2 tahun lalu. Anda bisa lihat dan baca pada tulisan saya yang lalu berjudul Merasakan Kehangatan Danau Linting Sumatera Utara. Pada saat itu suasana Danau Linting masihlah sangat asri, belum ada uang tiket masuk, tidak ada toilet, tidak ada ramai orang yang berjualan. Namun, saat ini Danau Linting telah dikelola pemerintah daerah dan warga setempat. Fasilitas toilet pun telah ada, serta yang berjualan disekitar Danau juga telah banyak. Para penyewa pondok dan tikar juga telah banyak tersedia. Namun, menurut saya Danau ini menjadi kurang menarik karena dipinggiran danau telah dipagari. Memang sih tujuannya demi kenyamanan para pengunjung. Tapi menurut saya Danau ini menjadi lebih terlihat kecil seperti Kolam.

Pada tulisan kali ini,saya tidak membahas penuh tentang danau Linting, melainkan sebuah tempat wisata yang terletak di sekitar danau linting, Ini merupakan sebuah Sisi Lain dari Danau Linting. Tempat yang saya maksud adalah Goa Tao Delapan Putri, Goa Perak dan Goa Emas, ketiga terletak tidak jauh dari danau linting tersebut. Ohh iya, untuk menuju danau Linting anda bisa dari Medan, menuju ke Delitua, patumbak hingga ke Desa Tiga Juhar kecamatan STM Hulu, Deli Serdang, Sumatera Utara. membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Lokasi ini. Sebagai penanda ada sebuah pamflet yang menunjuk pintu masuk menuju Danau Linting tersebut. Yang menjadi perhatian pada pamflet tersebut adalah gambar danaunya, kenapa tidak gambar danau linting yang dipajang, namun gambar danau lain.hahahahah
Danau Linting Sumatera Utara
Tiket masuk menuju danau linting sebesar Rp.5000/ orang. Jika anda mau duduk disekitar danau linting bersama teman maupun keluarga, anda bisa menyewa tikar mulai dari Rp. 15.000 - Rp 25.000. Oke, karena tujuan saya pada saat itu ingin melihat sebuah Goa yang ada sekitar Danau, maka saya pun bersama sahabat saya Abdul Karim, mulai mengitari areal danau untuk mencari keberadaan Goa tersebut. Akhirnya ada sebuah Petunjuk untuk menuju Goa Tau Delapan Putri tersebut, tidak jauh hanya sekitar puluhan meter saja untuk sampai di Lokasi Goa Tersebut. Sampailah kami di pintu masuk untuk melihat Goa Tau Delapan Putri tersebut. Untuk memasuki arela Goa Tao anda akan dikenakan biaya Rp 2000/orang, dan jika ingin masuk melihat goa perak dan emas, maka akan dikenakan biaya tambahan Rp 5000/orang untuk pemandu (Guide/ranger). Goa Tao disini maksudnya adalah sebuah Danau atau telaga kecil yang terdiri dari 8 tempat. Konon dari cerita masyarakat setempat ini adalah tempat pemandian delapan Putri.  Yang saya ingat nama putri tiap Kolamnya berbeda ada Putri Hijau, Putri Laut, Beru Sembiring, Beru Ginting, Beru dan beberapa lainnya saya lupa. :D
Goa Tao Delapan Putri
Lokasi ini baru dikeramatkan sekitar delapan bulanan yang lalu, atas dasar mimpi dari seorang warga yang tinggal disekitar, yang memberitahu ini adalah pemandian para putri yang bisa mengobati penyakit, karena itu tempat ini dikeramatkan yang dipercaya oleh warga setempat dapat mengobati beberapa penyakit tertentu. Dan sudah ada juru kuncinya untuk berobat disini. Oleh karena itu, buat para pengunjung umum yang ingin melihat lokasi wisata ini, dilarang untuk menyentuh air telaga tersebut, meskipun hanya cuci tangan, ataupun cuci muka.
Setelah melihat Goa Tao Delapan Putri tersebut, kini kamipun melanjutkan perjalanan untuk melihat Goa perak dan emas yang tidak jauh dari Goa tao tersebut. Untuk memasuki Goa Perak dan Emas, sudah ada pemandunya untuk menjelaskan tentang Goa tersebut. Pertama kali yaitu memasuki Goa Perak, Goa ini sangat panas dan cukup pengap, disarankan jangan terlalu lama didalam, karena buat yang tidak tahan bisa pingsan kepanasan didalam Goa Perak ini. Goa ini dipercaya masyarakat sekitar adalah Goa Naga, karena dahulu kala terdapat naga yang mendiami Goa ini. Di dalam Goa ini memang terdapat Perak-perak diantara dinding ataupun atap dari Goa ini, makanya disebut Goa Perak.
Goa Perak Danau Linting
Selanjutnya kami ke Goa Emas, yang tidak jauh juga dari Goa Perak tadi. Goa Emas tidak panas seperti Goa Perak, dan juga tidak terlalu dalam. Di dalam Goa ini terlihat jelas butiran Emas yang melekat di antara dinding Goa. Butiran emas tersebut pun terlihat berkilau saat disorot cahaya. Tempat-tempat seperti ini tentunya menjadi sebuah tempat yang dikeramatkan oleh warga setempat sehingga tidak bisa sembarangan mengambil kekayaan Alam yang ada di Goa tersebut.
Goa Emas Danau Linting
Setelah selesai melihat Goa tau Delapan Putri, Goa Perak, dan Goa Emas di danau Linting, usai sudah perjalanan saya pada saat itu, Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa anda lihat saat mengunjungi danau Linting, Demikianlah artikel singkat yang mengulas sisi Lain dari Danau Linting Sumatera Utara tersebut, Semoga Bermanfaat..^_^.
Top Search :
Goa Tao Delapan Putri, Goa Perak dan Goa Emas di Danau Linting, Goa Tao, Goa Danau Linting, Goa Delapan Putri, Goa Emas Danau Linting

Posting Komentar untuk "Goa Tao Delapan Putri, Goa Perak dan Goa Emas di Danau Linting"