Wisata Kuliner

Kue Bika Cemilan Khas dari Sumatera Barat

Kue Bika Cemilan Khas dari Padang Sumatera Barat - Kalau di Medan yang namanya kue Bika sudah pasti orang kenalnya dengan namanya Bika Ambon. Karena Bika Ambon ini adalah makanan khas dari kota Medan. Namun, ada juga bika lainnya yang dikenal sebagai makanan khas loh. Tapi bukan khas dari Sumatera Utara melainkan Khas dari Padang, Sumatera Barat.
Kue Bika Cemilan Khas dari Sumatera Barat

Penjual Kue Bika di Medan berada di jalan Amaliun, tepatnya sebelah gang Damai. Tempat jualnya juga sederhana saja. Seperti penjual gorengan biasa. Dari kejauhan akan terlihat jelas kepulan asap menghiasi warung Kue Bika tersebut.
Kue Bika Cemilan Khas dari Sumatera Barat

Rasa kue Bika menurut saya hampir sama dengan Kue Pancung yang ada di Medan. Sebab keduanya berbahan dasar Tepung Beras dan kelapa. Yang menarik dari Kue Bika ini adalah proses memasaknya. Kue Bika Padang dimasak dengan cara di Panggang didalam Oven. Eitsss oven yang digunakan sangatlah tradisional. Terdiri dari sebuah tungku, bara api dan sabut kelapa.
Kue Bika Cemilan Khas dari Sumatera Barat
Adonan Kue Bika sebelum di masak
Kue Bika Cemilan Khas dari Sumatera Barat
Oven Tradisional
Jadi Pertama adonan yang telah jadi dibuat ke dalam sebuah cetakan kecil yang dialasai daun pisang. Selanjutnya adonan yang telah disusun rapi dimasukkan kedalam oven tradisional tersebut. Nah, oven tersebut dibawahnya telah ada bara api. kemudian ditutup dengan sebuah seng yang diatasnya telah panas dengan api berasal dari sabut kelapa.
Kue Bika Cemilan Khas dari Sumatera Barat

Dalam beberapa menit, adonan tadi telah matang dan siap dimakan. Gurih, asin dan enak. harga satu kue bika yaitu dua ribu rupiah. Murah dan enak deh. 
Buat kalian yang penasaran dengan rasanya Kue Bika yang merupakan kuliner khas dari Sumatera Barat ini, bisa langsung datang ke tempatnya di jalan amaliun ya. sebab kemarin saya cek tidak tersedia di aplikasi online. heehehe. Oke sobat? salam Makan-makan...

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

4 komentar:

  1. padahal dulu sering ke amaliun dan liat steling kue ini. tp ga pernah singgah. sayang sekali belum nyobain

    BalasHapus
  2. enakk kayaknya..penasaran deh

    BalasHapus
  3. enak bang,, yoklah cobain kue bika

    BalasHapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.