Info Traveling

Ide Berlibur ke Cirebon Dengan Kereta Api

Ide Berlibur ke Cirebon Dengan Kereta Api - Cirebon adalah salah satu kota di Jawa Barat, tepatnya terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Kota Cirebon memiliki banyak pesona wisata yang dapat menarik banyak palancong untuk berlibur ke kota ini. Yang paling menonjol dari pariwisata Cirebon adalah wisata sejarah, dengan bangunan-bangunan kerajaan peninggalan masa lampau dan peninggalan masa kolonial.

Berwisata ke Cirebon dari  Jakarta kini bisa ditempuh dengan kereta api dengan lama perjalanan kurang lebih tiga jam. Kamu bisa menggunakan KA Cirebon Ekspres dari Jakarta menuju stasiun Cirebon. Karena tiket kereta api kini bisa dipesan online, kamu bisa memesan tiket KA Cirebon Ekspres melalui Traveloka Indonesia jauh-jauh hari. Banyak tiket kereta api di Traveloka ditawarkan dengan harga promosi sehingga menghemat liburanmu ke Cirebon. Berikut tempat-tempat wisata di Cirebon yang bisa kamu kunjungi.

Keraton Kasepuhan dan Kanoman
Keraton Kasepuhan dan Kanoman
 sumber:bobo.grid.id
Keraton Kasepuhan terletak tidak jauh dari stasiun Cirebon. Di sini kamu bisa menikmati suasana arsitektur campuran antara Cina dan Eropa serta dipengaruhi pula dengan budaya Hindu. Berbagai benda-benda peninggalan kesultanan seperti pedang dan kereta kesultanan tersimpan di tempat yang kini menjadi museum ini.

Sedangkan Keraton Kanoman yang luasnya mencapai 6 hektar masih ditinggali sultan ke-12 yang bernama Raja Muhammad Emiruddin beserta keluarganya. Di Keraton ini juga terdapat banyak benda-benda peninggalan kesultanan Kanoman termasuk porselen-porselen asli Tiongkok. Kira-kira ada perbedaan tidak ya dengan bangunan dan peninggalan Keraton Jogja?

Gua Sunyaragi
Gua Sunyaragi
sumber:pintuwisata.com
Gua yang terletak di kelurahan Sunyaragi ini menyimpan banyak cerita sejarah. Gua yang merupakan tempat peristirahatan dan meditasi kesultanan Cirebon ini memiliki bagian gua seperti candi atau taman sari. Luas kawasan ini kurang lebih 15 hektar yang terbagi menjadi dua bagian yakni bangunan gua dan pesanggrahan. Bagian pesanggrahan merupakan tempat beristirahat yang dilengkapi dengan serambi, ruang tidur, dan ruang ibadah. Sedangkan bagian gua-gua berbentuk gunung-gunungan, dengan terowongan penghubung dan saluran air. 

Masjid Agung Cirebon
Masjid Agung Cirebon disebut sebagai masjid tertua kedua di Indonesia. Masjid ini didirikan sekitar tahun 1940 dan dekat sekali dengan nama wali songo. Terletak di seberang Keraton Kasepuhan, masjid ini terdiri dari dua ruangan yakni beranda yang memiliki sembilan pintu sebelum masuk ke ruang ibadah. Gaya arsitektur Masjid Agung Cirebon merupakan perpaduan budaya kerajaan Demak, Majapahit, dan Cirebon.

Cirebon Waterland
Cirebon Waterland
sumber:pergidulu.com
Selain wisata sejarah, Cirebon juga memiliki tempat wisata yang dapat dinikmati seluruh keluarga. Cirebon Waterland terletak di tepi pantai utara Cirebon dan menawarkan banyak wahana air dengan pemandangan laut yang indah. Di sini kamu sekeluarga bisa mencoba banyak wahana seperti waterboom, kolam arus, perahu bebek atau menikmati kuliner khas Cirebon.

Pantai Kejawanan
Pantai Kejawanan
sumber:pintuwisata.com
Kawasan rekreasi keluarga ini memberikan suguhan panorama tepi pantai laut utara Cirebon. Menurut masyarakat, kawasan ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, struk, penyakit kulit, penyakit pernafasan, dan lain-lain dengan berendam di air laut. 

Satu lagi yang menarik dari berwisata ke Cirebon. Kini hadir kereta api pariwisata dari Jakarta ke Cirebon dengan paket kereta wisata. Paket wisata ini menawarkan trip satu hari berkeliling kota Cirebon dengan rute Gua Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Kampung Batik Trusmi, tempat kerajinan kerang, dan pusat oleh-oleh. Kereta wisata ini juga akan mengantarkan wisatawan ke tempat wisata kuliner khas Cirebon seperti nasi jamblang.

Menarik bukan Berwisata ke Cirebon dengan kereta api? Tunggu apalagi, segera pastikan tanggal liburanmu, dan persiapkan tiket kereta api dengan Traveloka.

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.