Contributor

Pantai Sibolazi, Sisi Lain Keindahan Pulau Samosir

Pantai Sibolazi, Sisi Lain Keindahan Pulau Samosir - Bagi yang pernah ke Pulau Samosir, pastilah akan merasakan keindahan alamnya serta keberagaman budaya yang ada di Pulau Samosir. Ada puluhan tempat wisata yang menarik di Pulau Samosir, bahkan tidak akan cukup dikelilingi dalam 2 atau 3 hari saja. Pulau Samosir juga memiki beberapa Pantai dengan hamparan keindahan Danau Toba, salah satunya yang terkenal adalah Pantai pasir putih parbaba. Namun, ternyata masih ada lagi yang tak kalah indah dengan Pantai Parbaba itu namanya yaitu Pantai Sibolazi.
Pantai Sibolazi, Sisi Lain Keindahan Pulau Samosir
Pantai Sibolazi mungkin sebagian orang masih merasa asing dengan namanya. Padahal dibalik itu, pantai ini memiliki keindahan yang melengkapi keindahan Pulau Samosir ini. Pantai Sibolazi berada di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Lokasinya tidak begitu jauh dari pelabuhan Simanindo-Tiga Ras. Letak pantai ini di jalan raya kota Pangururan Simanindo, hanya sekitar 15 menit saja untuk sampai di pantai ini. 
Setelah tiba di parkiran sepeda motor, kaki melangkah ke bibir pantai dan Ajiiiiiiibb . . . Sebuah pantai sangat indah. Pasirnya putih, airnya kebiruan dan disepanjang bibir pantai terdapat batu-batuan alam yang besar dengan latar belakang pohon-pohon kelapa yang tinggi. Sore hari yang Indah kala itu, karena bisa menikmati sunset dari pinggir pantai Sibolazi ini.
Pantai Sibolazi, Sisi Lain Keindahan Pulau Samosir
Pantai Sibolazi ini telah dikelola oleh masyarakat, terbukti telah adanya fasilitas umum seperti toilet, warung serta beberapa tenda untuk bersantai. Dibawah pohon yang besar dan rindang terdapat kursi sederhana yang terbuat dari papan dan bambu yang bisa digunakan untuk bersantai. Pada saat disana lokasi pantai cukup bersih tanpa ada sampah yang bertebar sembarangan. 

Tidak ada salahnya jika punya waktu banyak untuk menyegarkan diri dengan mandi di jernihnya danau toba. Lalu bersantai dan nikmatilah hamparan pantai yang luas dengan Batu-Batu yang besar yang punya daya tarik tersendiri. Batu Besar ini terkenal dengan sebutan Batu Siauga yang memiliki cerita tersendiri pada jaman dahulu.Batu ini persis berdiri di pinggir Pantai Sibolazi.
Pantai Sibolazi, Sisi Lain Keindahan Pulau Samosir

Konon ceritanya, batu tersebut merupakan jelmaan sepasang kekasih yang tidak direstui hubungannya. Orangtua mereka tidak menyetujui jadi mereka kabur ke pinggir pantai tersebut dan berdoa agar dipersatukan oleh sang Kuasa atau mereka akan mati bersama. Dan setelah mereka selesai berdoa, tiba-tiba langit terbuka dan petir menggelegar. Saat warga kampung mencari mereka, tiba-tiba sepasang kekasih tersebut berubah menjadi batu besar, serta kerbau dan alat bajak yang mereka bawa saat kabur menjadi beberapa bongkahan batu. Karena cerita itu, hingga saat ini apabila ada yang membiarkan anaknya kawin lari dan melewati lokasi Pantai Sibolazi, maka keluarganya tidak akan akur. 

Pantai Sibolazi, Sisi Lain Keindahan Pulau Samosir
Terlepas dari cerita itu, Pantai Sibolazi memberikan keindahan yang menarik di sisi lain pulau Samosir dan tentunya menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat ke Samosir. Inilah cerita singkat tentang Pantai Sibolazi, Sisi Lain Keindahan Pulau Samosir, semoga bermanfaat.

Written By : Riduwan (@ree_doo_wan)

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

6 komentar:

  1. Aku malah baru ngeh ada pantai Sibolazi yang keren begini. Kudet aku. Hehehe :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih kak,, emang belum populer,, padahal keindahannya lumayan keren lohh :)

      Hapus
  2. baru tau di samosir ada ginian bang, ngapain aja aku selama ini ya Allah :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoklahhh,, touring kitaaa ke Samosir lagi.. :D

      Hapus
  3. Haah, apalagi ini, Pantai Parbaba, Pantai Sibolazi, tak tau awak, padahal awak orang simalungun. Dekattnya kesana, cuma tak terkunjungi awak,.. Owalee..Kudet aku ya.. Haha..

    Pulau samosir ni banyak kali kisah mitos2nya kan bang, semua lokasi punya kisah yang 'konon katanya'..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesekali coba jelajah samosir kak,, dijamin bikin ketagihan dan pengen balik lagi kesana, :)

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.