Contributor

Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha

Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha - Minggu siang itu, aku bersama kelima kawanku berkumpul di lapangan Adam Malik Siantar. Cerahnya hari melengkungkan bibirnya masing-masing. Destinasi yang akan kami tuju kali ini adalah Bukit Sipolha yang berada di Desa Beringin, Tuk Tuk Margaret, Kab Simalungun. Sekitar pukul 11 siang, kami mulai beranjak dengan menggunakan tiga sepeda motor. Jalur yang akan kita lalui sama dengan jalur saat kita ke parapat, danau toba. Setelah berjalan sekitar 20 menit, kami pun membelokkan sepeda motor kearah kanan. Dimana simpangan tersebut sama dengan ke arah objek wisata Tanjung Unta, Bukit Indah atau Simarjarunjung.
Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha
Jalan yang kita lalui sangat baik. Jalan yang beraspal dengan pemandangan bukit-bukit hijau disebelah kanan dan danau toba disebelah kiri jalan. Setelah memakan waktu 10 menit, kita akan melewati sebuah bangunan yang berbentuk Ikan Mas. Dulunya bangunan ini digunakan sebagai Restaurant. Karena sepinya pelanggan, maka restaurant ini ditutup dan sekarang bangunannya hampir seluruhnya tertutup oleh rumput ilalang.
Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha
Tidak jauh dari bangunan Ikan Mas tadi, saatnya kita membelokkan kendaraan ke arah kiri. Mulai simpang ini, jalannya curam menurun dengan kondisi jalannya tidak sebagus sebelumnya. Jalannya tidak beraspal hanya terdiri dari batu kerikil dan batu cadas. Sekitar 5 menit kita pun melewati sebuah gereja dan kita pun tiba dilokasi parkiran warga. Parkiran seadanya dipinggir jalan tanpa atap pelindung. Tetapi anda jangan takut karena si penjaga parkir tetap setia berada dilokasi parkiran dengan biaya parkir hanya 2 ribu/sepeda motor. Kita juga tidak dikenakan biaya restribusi apapun memasuki wilayah Bukit Sipolha alias Gratis.
Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha
Dari lokasi parkiran, kita trekking hanya sekitar 5 menit dan tibalah kita di puncak Bukit Sipolha. Dari atas bukit sipolha ini kita bisa melihat view danau toba dengan airnya yang biru. Indahnya lagi, kita juga bisa melihat sebuah pulau kecil didanau toba yang berjarak sekitar 200 m dari bukit Sipolha. Pulau Hole namanya. Untuk menuju kesana kita harus menggunakan jasa kapal penyebrangan. Biayanya hanya 10 ribu/orang. Permukaan bukitnya yang datar seringkali digunakan para pecinta alam untuk camping.
Pulau Hole
Sungguh indah ciptaan Tuhan yang maha kuasa. Dengan jejeran bukit-bukit hijau serta birunya danau toba dan batu-batu karang dikaki bukit sipolha membuat para pemancing mania betah untuk berlama-lama duduk dengan kailnya. Hasil tangkapan ikan mereka cukup beraneka ragam seperti ikan nila dan gurami.
Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha
Dari info yang saya baca di Internet, Pada tahun 90an hingga sekitar tahun 2002, dulunya sipolha sangat populer dikunjungi oleh wisatawan. Namun setelahnya kunjungan wisatawan semakin berkurang hingga saat ini dikarenakan akses jalan yang mulai dan semakin rusak. Pada tahun 2016 ini, Sipolha kembali menjadi tujuan wisata bagi para traveler khususnya bagi para penikmat alam. Bukit serta Pantai Sipolha menjadi tempat yang asik untuk bersantai. Salah satu komentar di Instagram @medanwisata juga mengatakan bahwa Sipolha mulai dikenal dan ramai kembali untuk dikunjungi. Semoga saja, kedepannya akses jalan disana diperhatikan pemerintah daerah untuk dapat diperbaiki kembali.
Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha
Tanpa terasa sudah 2 jam kami berada di Bukit Sipolha. Setelah puas bermandi ria di Danau Toba, puas melihat warga setempat memancing dan puas berphoto ria disegala penjuru Bukit, kami pun memutuskan melanjutkan perjalanan ke destinasi lainnya. Inilah cerita singkatku saat Panorama Danau Toba dari Bukit Sipolha , semoga bermanfaat.

Written By : Riduwan (@ree_doo_wan)
Photo by : Riduwan

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

30 komentar:

  1. Ternyata banyak tempat-tempat cantik yang aku ngga tau di Sumut ini. Ngga ada yang ngajakin kesana, sih :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wopp,, ayoklah kita kesana kak,, keliling di Samosir,, :)

      Hapus
  2. iyayah sayang mau ke Bukit Sipolha jalanya rusak T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja kedepannya jalannya bisa dibuat mulus y bang

      Hapus
  3. waduh itu sayang kali ya restonya tutup, kalau masih buka selain foto foto di bukit selanjutnya bisa makan dan wefie di resto itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener kali,,,, kalau masih buka pasti bakalan seru dan asik,, mungkin dulu tutup karena belum se Online saat ini.

      Hapus
  4. Jalan terus Rudi..belum pernah mba ke Sumatera Utara. Pengen banget ke sana ke danau toba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbakk,, makasih supportnya,,.. ayok atur liburan ke Danau Toba mbak.. :)

      Hapus
  5. Ikan mas enak nya di arsik yaaa hahaha

    BalasHapus
  6. Bisa kasih tau jalannya yang lengkap darimana gak ke sipolha itu? Tolong dooong.. pengen tapi gak tau jalan hehe

    BalasHapus
  7. Bang, transportasi umum ke sipolha ada gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada transportasi umum untuk kedalamnya,, paling transport umum hanya sampe jalan besar parapat

      Hapus
    2. jhon franc sidabutar7 Januari 2017 03.55

      Transportasinya sudah mulai jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Boleh naik cv.simarjarunjung dan cv.beringin indah dari pematang siantar. Terima kasih

      Hapus
  8. min, klo dr siantar melalui tigaras boleh gak ke bukit sipolhanya??

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. bisa, tapi dibawah bukitnya.. lebih aman

      Hapus
  10. Min.. kl naek mobil pribadi kyk mobilio/avanza gtu msh aman ga jalannya.. kira2 brapa jam, pengen liburan ksana bw kluarga min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari info dan komen diatas, sepertinya bisa bang,,

      Hapus
  11. Saya Penduduk asal Sipolha tapi sudah merantau ke Jakarta kalau bawa mobil Avanza sejenis masih okey,memang jalan nya kurang bagus di butuhkan peran Pemerintah daerah utk memperhatikannya agar parawisatanya bisa maju."SIPOLHA ALAMNYA MASIH NATURAL"silahkan berkunjung penduduknya semua ramah-ramah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, semoga kedepannya jalannya semakin baik, dan tempatnya tetap terjaga

      Hapus
  12. Alam di Sipolha masih alami, tinggal bagaimana kita untuk mempublikasikan agar semakin banyak orang mengunjungi dan mengenal lebih jauh SIPOLHA. dan peran aparat pemerintah Kab. Simalungun sangat dibutuhkan untuk memperbaiki infrastruktur berupa jalan dan lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali bang,, banyak tempat bagus di sumatera utara, hanya saja banyak infrastruktur jalan yang belum memadai

      Hapus
  13. Terimakasih sudah menulis tentang sipolha.
    Tapi banyak kejanggalan ditulisannya.
    Saya hanya kasi saran aja. Pastikan dulu informasinya sudah akurat dan dapat dipercaya baru lanjutkan menulis.
    Salah satunya yg salah besar ditulisannya.
    Patung ikan mas itu gak pernah dijadikan apapun.
    Apalagi dijadikan restoran. Aih mak senang bercampur sedih aku sebenarnya.
    Tapi ttp nya terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patung ikan mas itu gak pernah dijadikan apapun.
      Apalagi dijadikan restoran<<< penulis telah mengunjungi langsung tempat tersebut, mengenai hal itu, didapat dari cerita masyarakat yang beredar. mengenai kebenarannya mungkin warga yang sejak lama tinggal disekitar itu bisa mengedukasi para pengunjung selanjutnya dengan membuat sebuah papan informasi disekitar tempat tersebut

      Hapus
  14. Saya orang Sipolha. Mungkin saya salah satu yang tidak senang kampung saya terkenal karena nanti akan banyak sampah berserakan.. Sama seperti diperkebunan teh dan penatapan batu lihi yang berdekatan dengan sipolha.. Pengunjung buang sampah seenaknya.. Semoga yang berwisata kesipolha ga buang sampah seenaknya.. Karena tujuan ke Sipolha untuk menikmati keindahan alamnnya bukan untuk merusaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tergantung kesadaran para pengunjung sebenarnya. Kalau tempat wisata tersebut terkenal pasti juga ada dampak positif kedepannya. Semoga saja setiap yang berkunjug ke sipolha, juga sadar akan kebersihan sampah :)

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.