Bukit Holbung Samosir Keindahan Indonesia dari Sumatera Utara

Bukit Holbung Samosir, Keindahan Indonesia dari Sumatera Utara - Siapa yang tidak takjub dengan pesona Danau Toba. Kita bisa melihat keindahan Danau Toba dari berbagai sisi di 7 kabupaten, Sumatera Utara. 
Bukit Holbung Samosir
Salah satunya kita dapat melihat keindahan Bukit Holbung Danau Toba. Bukit Holbung dimana? Alamat Bukit Holbung samosir yaitu di Desa Janji Martahan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Banggalah buat kamu yang lahir dan besar di Sumatera Utara, karena masih banyak potensi wisata alam yang bisa kamu lihat disini.

Bukit Holbung Samosir

Minggu dini hari sekitar pukul 04.00 wib kami pun telah berkumpul di kota Pematang Siantar. Udara yang dingin tidak menyurutkan hati kami untuk mengexplore sebuah bukit yang indah disekitar Danau Toba.

Untuk menuju bukit holbung ini dapat ditempuh dengan dua rute.
  • Pertama melalui Medan - Kabanjahe - Tele. 
  • Kedua Melalui Medan - Siantar - Parapat - Tomok (Samosir)
Bukit Holbung Samosir
Nah, saat itu kami memilih jalur yang kedua dimana melewati parapat dan menyeberang lewat pelabuhan Tiga Raja untuk sampai ke Tomok, Samosir.

Pemandangan di danau toba pada pagi hari sangatlah indah. Para nelayan masih mencari ikan dengan kapal kecilnya. Langit masih menyisakan ufuk merahnya dengan diiringi senyum mentari yang mulai mencerahkan hari ini.
Bukit Holbung Samosir
Horas Horas Horas . . .
Setelah menempuh penyebrangan sekitar 45 menit, kami pun tiba di pelabuhan Tomok. Tak bosan-bosannya kami melangkahkan kaki di negeri indah kepingan surga ini. Suasana pelabuhan yang mulai ramai oleh wisatawan asing dan pedagang, membuat perut kami terasa lapar. Kami pun sarapan pagi dengan membeli mie pecal, bakwan dan roti. Tak lupa juga air mineral agar tidak dehidrasi. Setelah kenyang, kami pun bersiap untuk memulai petualangan ini. Cihuuuuyyyyyy . . .
Bukit Holbung Samosir
Berangkat dari Tomok, destinasi pertama yang kami kunjungi adalah Bukit Beta untuk start awal para layang. Hanya sekitar 5 menit menuju lokasi ini. Kemudian ke Air terjun Sigarantung yang hanya ditempuh sekitar 10 menit dengan sepeda motor. Namun sangat disayangkan karena sudah setahun ini musim kemarau melanda samosir, maka air terjun Sigarantung pun tidak ada airnya. Don't worry be happy. Kami tetap melakukan ritual photo-photo. Cekreeeekkkk.
Bukit Holbung Samosir
Air Terjun Sigarantung yang lagi kering
Setelah puas berphoto ria. Kami pun bergegas melanjutkan perjalanan, pokoknya jauh, pake jaket dan pake helm, hahaha.. Sebenarnya ngga jauh sih hanya sekitar 1 jam saja. Rute yang kami lalui adalah Tomok - Simanindo - Pangururan - Harian. Sama halnya dengan rute menuju Air terjun Efrata Samosir yang sudah tersohor itu.

Akhirnya kita tiba di simpang air terjun efrata yang berada di desa Sosor Dolok, Harian Boho. Jika ke Air Terjun Efrata berbelok ke kanan, maka kali ini kita harus terus lurus ke depan menuju Desa Janji Martahan. Jalan yang akan kita lalui sangat bagus karena jalan sudah di cor beton. 

Sekitar lima belas menit (setelah melewati dua buah bangunan mesjid di sisi kanan jalan), kita pun tiba di kaki bukit. Parkir dan kunci kendaraan kalian dipinggir jalan yang cukup luas itu karena disitu belum ada lokasi parkir dan restribusi apapun.
Bukit Holbung Samosir
Setelah kendaraan di parkirkan, kita akan trekking menanjak ke atas bukit sekitar 10 menitan saja. Jalan menuju puncak sudah dibuatkan warga setempat berupa jalan setapak dan tidak ekstrim kok.. Lambaian rumput ilalang seakan menyambut kedatangan kita. Dan akhirnya setelah tiba diatas bukit holbung, Subhanallah Allahu Akbar . . .
Bukit Holbung Samosir
Pemandangan yang ditawarkan sangat-sangat indah. Hamparan bukit-bukit hijau membuat siapapun disini terpana karenanya. Yaa,, Ini Indonesia,, ini Sumatera Utara yang kaya akan keindahan alamnya. Banyak yang menyebut bukit Holbung Samosir dengan sebutan bukit teletubbies. hahhahaah...

Hempasan angin dan udara yang segar membuat kita memejamkan mata menikmatinya. Pusuk buhit terlihat sangat megahnya diatas danau toba yang biru. Langit pun seperti lukisan abstrak yang sangat indah. Terdapat juga retakan bukit yang menguak dengan nilai seninya yang tinggi. Pokoknya kata-kata tidak dapat mewakilin keindahannya.
Bukit Holbung Samosir
Beberapa temanku banyak yang tiduran tersenyum puas sambil menikmati panorama Pusuk Buhit, Danau Toba dan bukit teletubbiesnya. Oh ya, bagi kalian yang hobby ngecamp, wajib nginap disini karena permukaan bukitnya datar tidak bergelombang.
Bukit Holbung Samosir
Bukit Holbung Samosir menjadi salah satu keindahan yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Siapapun silahkan datang kesini dan menikmati keindahan alam yang tersedia disini. Namun tetaplah harus ingat untuk menjaga dan melesatarikannya. 

Jangan Sampai tempat yang keren nan indah seperti Bukit Holbung Samosir ini tercemari oleh sampah. Negeri yang Indah adalah Negeri dengan orang-orang yang peduli akan menjaga dan melestarikan Keindahan Alamnya. Demikianlah cerita singkat tentang Bukit Holbung, Keindahan Indonesia dari Sumatera Utara. semoga bermanfaat.
Written By : Riduwan (@ree_doo_wan)
Photo by : Riduwan

18 komentar untuk "Bukit Holbung Samosir Keindahan Indonesia dari Sumatera Utara"

  1. jalan jalan teruss, asik dah

    BalasHapus
  2. bagus kali bukitnya macam difilm-film itu lho, the lord of ring

    BalasHapus
  3. Rudi, itu foto fotonya cantik banget, warnanya full cantik cantik, aslinya emang gitu ya? Kapan ya mba bisa ke Sumut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya fotonya emang bagus mbak, coba aj aliat foto lainnya di hastag ig #BukitHolbung, aku belun pernah kemari sih mbak, kemarin itu teman yang kesana, tapi taulah aksesnya..

      ayo mbak ke SUmut :)

      Hapus
  4. Ih, cakep...
    Danau toba emang selalu cakep dari mana aja, tp dari sini beda viewnya ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, danau toba emang indah dipandang dari sudut mana pun, kalau ini lebih spesial dya :)

      Hapus
  5. Kak ....bisa ceritakan lagi rutenya ....sampai di pangururan lanjut kemana...? makasih infonya

    BalasHapus
  6. mau nanya kk apakah kta hrus nyebrang lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau rutenya Medan-siantar-parapat, iya harus nyebrang ke pulau samosir

      jika rutenya Medan-Sidikalang-samosir, maka tidak perlu nyebrang

      Hapus
  7. Kak boleh nanya gk? Apakah ke bukit holbung bisa membawa bus, saya mau ngajak rombongan rm saya ksana, maaf kalau saya terlalu kampungan namun saya ingin memberikan keindahan kpda teman" saya,
    Bisakah kak bus masuk ke bukit holbung?

    Tolong di balas ya kak, terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok kak... tapi disarankan bus yang tidak terlalu besar. mungkin ukuran medium seat 25

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com