danau toba

10 Fakta Danau Toba Yang Wajib Kamu Tahu

10 Fakta Danau Toba Yang Wajib Kamu Tahu - Sangat beruntung Indonesia memiliki Danau Toba, sebuah danau yang sudah terkenal hingga ke Mancanegara. Danau yang memiliki sejuta keindahana yang mungkin sulit untuk diungkapkan. Bahkan keindahannya belum cukup dinikmati hanya dalam bentuk foto atau gambar. Kita akan terkagum-kagum dan tidak pernah puas memandangnya, jika melihat Danau Toba langsung dari mata kita sendiri. 
10 Fakta Danau Toba Yang Wajib Kamu Tahu

Untuk orang yang tinggal di Sumatera Utara khususnya pasti sudah tahu seperti apa Danau Toba itu, mulai dari keindahan alamnya, lokasinya, serta apa-apa saja yang ada disekitar danau toba ini. Nah, mungkin bagi orang-orang diluar Sumatera Utara banyak yang belum tahu tentang Danau Toba ini. kalau gitu, mari kita simak beberapa fakta tentang Danau Toba.
  1. Danau Toba merupakan danau terluas se-Asia Tenggara. Danau ini panjangnya sekitar 100 Kilometer dan lebarnya sekitar 30 kilometer serta memiliki kedalaman hingga 400 meter.
  2. Danau Toba merupakan kaldera yang terbentuk akibat meletusnya Gunung Toba.Gunung Toba tersebut pernah meletus sekitar 3 kali yaitu pada 800 ribu tahun lalu, letusan kedua sekitar 500 ribu tahun lalu, dan letusan ketiga yang paling dahsyat yaitu sekitar 74.000 ribu tahun lalu yang membentuk Danau Toba seperti sekarang ini dengan Pulau Samosir ditengahnya.
  3. Danau Toba itu letaknya bukan di Kota Medan
    banyak wisatawan diluar Sumatera, menganggap Danau Toba berada di kota Medan, padahal Faktanya Danau Toba itu jaraknya cukup jauh dari Kota Medan. Waktu yang ditempuh sekitar 4-5 jam menuju Danau Toba dari Medan.
  4. Danau Toba itu dikelilingi oleh 7 Kabupaten
    Yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Toba Samosir
  5. Di tengah Danau Toba terdapat Pulau Vulkanik
    Pulau yang dimaksud adalah pulau Samosir. Berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Dan di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang
  6. Pulau di tengah Danau Toba bukan hanya Pulau Samosir
    Meskipun pulau Samosir sudah begitu terkenal dan menjadi salah satu tujuan utama saat ke Danau Toba, namun faktanya pulau yang ada di Danau Toba bukan hanya pulau Samosir, melainkan masih ada pulau Sibandang, Pulau Tao, Pulau Tolping, dan Pulau Tulas. Keempat Pulau tersebut memang kalah terkenal dari Pulau Samosir dan memang pulau tersebut tidak berpenghuni seperti pulau Samosir.
  7. Di sekitar Danau Toba terdapat hutan pinus yang tertata rapi dan asri.
  8. Di Pinggir Danau Toba terdapat beberapa Air Terjun
    Tidak salah jika saya menyebut Sumatera Utara negeri sejuta Air Terjun, karena banyak sekali air terjun disini. Khususnya disisi lain Danau Toba atau bukit sekitar Danau Toba terlihat banyak air Terjun yang mempesona.
  9. Penelitian tentang Danau Toba masih berlanjut dan belum berakhir. 
    Masih banyak hal yang unik dan menarik dari Danau Toba ini. karena itu banyak peneliti yang masih penasaran dengan apa yang ada di Danau Toba ini.
  10. Danau Toba ditetapkan menjadi Destinasi Wisata di Sumatera Utara 
    Sudah sejak lama danau toba menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara.
Nah, itulah 10 Fakta tentang Danau Toba yang wajib Kamu Tahu. Masih banyak fakta lain tentang Danau Toba yang belum di share. Nah, buat kalian yang tahu fakta lainnya, yok komentar dibawah ya,.. Dan buat yang belum pernah mengunjungi danau toba, segera deh datang dan nikmati keindahan Danau Toba ini.

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

2 komentar:

  1. emang danau toba danau yang indah mempunyai keindahan alam yang berbeda... dan kisah legenda danau toba sampai sekarang pun masih teringat difikiran terus...

    BalasHapus
  2. danau toba ini kan jaraknya jauh dari medan tapi kok orang-orang tahunya danau toba itu di kotamedan yah, aku katanya mas ramli jauh loh mas

    BalasHapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.