Info Traveling

Inilah Tips Jalan-Jalan Saat Puasa Ramadhan

Inilah Tips Jalan-Jalan Saat Puasa Ramadhan - Aktivitas traveling ataupun jalan-jalan terkadang terhenti disaat puasa Ramadhan tiba. Alasan sederhana mungkin takut capek, takut tidak kuat terhadap godaan kuliner, cuaca yang panas dan lain-lain. Tapi tidak sedikit juga para traveler tetap jalan-jalan sambil berpuasa dengan lancar, intinya sih tergantung niat dan persiapan kita.
Inilah Tips Jalan-Jalan Saat Puasa Ramadhan
Ada beberapa Tips Jalan-Jalan Saat Puasa agar traveling nyaman dan puasa tidak terganggu

1. Siapkan Niat yang Kuat

Apapun ceritanya kalau niatnya sudah kuat untuk berpuasa, segala macam godaan pasti bisa ditepis. Niat yang kuat juga membantu fisik untuk tetap semangat jalan-jalan sambil berpuasa.

2. Tentukan Tujuan

Traveling atau jalan-jalan tidaklah harus jauh-jauh. Lihat saja wilayah atau daerah disekitar kita, mungkin ada tempat yang menarik dan sangat cocok untuk dikunjungi dikala Ramadhan. Contohnya kalian bisa bewisata religi ke beberapa masjid-masjid bersejarah dekat tempat tinggal kalian. Jika ingin  traveling yang jauh juga tidak masalah sih,, tapi harus lebih mempersiapkan segala hal salah satunya menyusun itenary objek wisata apa saja yang dikunjungi dan tidak mengganggu puasa kamu.

3. Siapkan Perbekalan/ Logistik

Perbekalan yang disiapkan tentunya sangat penting, apalagi buat kamu yang ingin jala-jalan ketempat yang lumayan jauh dari tempat tinggal. Selain pakaian, stok makanan dan cemilan juga harus cukup. Tujuannya agar mudah untuk Sahur atau berbuka puasa dimana pun tempatnya. Mungkin saja kan, kamu masih di berada dalam perjalanan di Bus ataupun transportasi lainnya yang tidak menyiapkan menu sahur atau berbuka. Sehingga dalam keadaan tersebut kita sudah ada makanan sendiri untuk itu.

4. Bawa Barang Seringkas dan Senyaman Mungkin

Traveling ditengah puasa Ramadhan tentunya membuat kekuatan fisik sedikit berkurang, untuk itu ringkaskan atau bawa barang seperlunya kedalam tas agar tidak mudah letih saat membawanya. Buat nyaman diri kamu dengan barang bawaan seperlunya dan tidak memberatkan bagi kamu. Sehingga tidak mudah capek dan puasa pun berjalan dengan lancar.

5. Utamakan Sahur

Kemanapun dan dimanapun kamu berada, jangan tinggalkan makan Sahur. Sebab ini menjadi bekal utama sebelum jalan-jalan. Dengan begitu energi dan fisik kamu tetap terjaga dan siap untuk jalan-jalan tanpa rasa lemas dan letih

6. Kurangi Aktivitas Ekstrim

Bagi para traveler atau petualang di alam bebas, Aktivitas Ekstrim menjadi agenda wajib bagi mereka. Namun jika dalam keadaaan berpuasa, sebaiknya kurangi kegiatan tersebut, agar puasanya tidak terkendala karena kegiatan tersebut. Cari kegiatan yang lebih santai, kunjungi tempat-tempat yang menarik lainnya yang tidak menguras tenaga kamu. Tapi jika kamu tetap yakin melakukan kegiatan ekstrim tersebut, silahkan saja sih,, tapi tetapp perhatikan kekuatan fisik kamu dan jangan sampai mengganggu ibadah puasa kamu.

7. Jangan Lupakan Ibadah.

Seasyik apapun jalan-jalan kamu jangan pernah lupakan ibadah. Khususnya Solat lima waktu. Jeda solat juga bisa kamu manfaatkan untuk istirahat. Sehingga sehabis beribadah, tubuh kembali bugar dan siap untuk melanjutkan perjalanan.

8. Manfaatkan Gadget Untuk Ibadah saat Jalan-Jalan

Gadget kamu jangan hanya digunakan untuk berinternet, berfoto ataupun dengerin music saja. Karena masih banyak lagi aplikasi yang bisa kamu pasang di gadget untuk mendukung ibadah kamu selama puasa. Coba install aplikasi seperti Al-Qur'an dan Murratal.Nah, disaat sedang berada di perjalanan kalian bisa mendengarkan Murratal Qur'an dalam bentuk Mp3, ataupun sehabis solat bisa membaca Al-Qur'an digital melalui Smartphone kamu. Jadi, jalan-jalan kamu tetap asik dan ibadahpun lancar.

9. Berbuka Puasa Bersama

Kalau kamu jalan-jalan bersama teman-teman tentunya sangat seru dan asik, sehingga saat berbuka puasa pun bisa rame-rame disuatu tempat yang kalian suka. nah, namun jika kamu jalan-jalan sendiri ataupun berdua rasanya kurang rame bukan? coba deh cari lokasi yang sering mengadakan buka puasa bersama. Paling sering sih di Mesjid-mesjid. Tapi, jangan gengsi atau malu untuk buka puasa bersama di Mesjid, karena berbeda masjid beda menu buka puasanya. Ini bisa jadi pengalaman kamu mengunjungi masjid di kota lain sekaligus berwisata Religi.

Kalau di kota Medan, ada menu spesial dari Masjid Raya Medan, yaitu Bubur Pedasnya loh,, terus ada masjid lainnya di kota Medan yang menyiapkan menu Bubur Aceh, terus ada juga yang menyipakan menu ala India. Penasaran? coba datang aja ke Medan.

Intinya jalan-jalan itu jangan sampe mengganggu ibadah puasa Ramadhan kamu, jalan-jalan harus seimbang juga dengan ibadahnya. Kuatkan niat maka semuanya bisa dilancarkan. Nah, itulah beberapa Tips Jalan-Jalan Saat Puasa, semoga bermanfaat..^_^..

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan.. 

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

8 komentar:

  1. wah tipsnya boleh juga nih mas, boleh nih dilakuin, jalan2 yang penuh ibadah juga nih sepertinya, oke mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas,, jadi jalan-jalan juga dapat nilai ibadahnya. :)

      Hapus
  2. Boleh jalan-jalan, yang penting mata dan pikirannya juga puasa gan hehehe
    salam kenal sob dari blogrudhi.id :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah,, pas,,,, jalan-jalan, tapi tetap harus ingat untuk puasa dari segala hal :)

      Hapus
  3. jalan-jalan biar gak terasa uda mau buka puasa aja heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan-jalan,, keasyikan sampe lupa kalau itu puasa,, trus makan,, lohhh,, kan bahaya.. wkwkwk

      Hapus
  4. Jalan-jalan saat puasa memang sangat efektif biar waktu enggak terasa. Makasih banyak tipsnya bray..

    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap pas,,, intinya kuatkan niat, jadi pas jalan-jalan tetap fit dan tidak kelelahan,,

      salam kenal kembali bro. :)

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.