Air Terjun Siparis, Secercah keindahan Alam Sumatera Utara
Air Terjun Siparis, Secercah Keindahan Alam Sumatera Utara - Berbicara tentang sebuah air terjun seperti tidak ada habisnya. Khususnya di Sumatera Utara, ada banyak air terjun yang masih asri, alami dan belum banyak diketahui orang. KEMA (Keliling Medan Adventure) sebuah komunitas yang sering kali pergi ke wisata alam yang berkaitan dengan Air terjun. Minggu, 10 Januari 2016 KEMA melakukan perjalanan ke Air Terjun yg berada di desa Gunung Meriah kab. Simalungun. Air terjun tersebut diberi nama Air Terjun Siparis.

Pagi yang cerah, membuat diri ini semakin bersemangat untuk menjelajah ke Air Terjun Siparis. sebelum pergi, saya dan KEMA telah berkumpul di depan Masjid Raya medan. Tepat pukul 8.00 wib kami pun bergerak dengan rute Medan – Tj. Morawa – Galang – Bangun Purba – Silandak – Gunung Meriah. Waktu yg di tempuh sekitar 3 jam dengan mengendarai sepeda motor.

Oh yaa,.. untuk ke Air terjun Siparis ini, Kita melewati kawasan Wisata Tinggi Raja atau Kawah putih. Sekitar 1 jam ke atas lagi. Akses jalannya pun lumayan bagus, sehingga laju kendaraan kami cukup kencang, tapi harus tetap waspasa bisa-bisa kalian masuk jurang. Karna Saya pun kemarin hampir masuk jurang karena ngebut”an (curhat nih. :D ). Baiklah kita lanjutkan petualangan ini. Setelah sampai di simp. Desa Gunung Meriah, kita pun masih melanjutkan perjalanan sekitar 500 meter lagi, terus jumpa jembatan yang baru di bangun. Tempat parkiran saat itu ada di sebelah kanan lewat jembatan tsb.
Air Terjun Siparis, Secercah Keindahan Alam Sumatera Utara
Sesampainya di parkiran kami pun bertanya sama warga untuk menuju ke Air Terjun. Warga pun menyarankan agar mereka yang mengantar kami, mereka takut kalau ada hal-hal yang tidak di inginkan yang bisa terjadi di dalam hutan. Untuk biaya retribusi atau jasa ranger/guide bisa langsung negoisasi dengan warga disini. Setelah Kesepakatan dengan ranger deal, kami pun melanjutkan perjalanan dari Parkiran menuju ke Air Terjun Siparis.
Subbhanallah… Pemandangannya itu mennn,…!! Indah banget, mengalahkan rasa lelah dan letih menuju perbukitan dengan ilalang yg tumbuh hampir merata, kami pun berhenti di hutan pinus buat sejenak berfoto ria untuk menghilangkan rasa lelah. Setelah itu kami pun melanjutkan perjalanan menyusuri ladang warga, selanjutnya menuju hutan dengan menyusuri anak sungai yang begitu jernih. Sepanjang perjalanan kami disuguhkan pemandangan yang indah dan begitu alami yang ada di dalam hutan.
Perjalanan ini cukup melelahkan karena tidak hanya jalanan datar, namun kami harus melalui beberapa tanjakan yang menguras tenaga. huffttt..., Tapi tidak ada kata lelah sebelum sampai ke Air Terjunnya. Setelah hampir 1.5 Jam treking, akhirnya kami sampai di Air Terjun Siparis. Sungguh Luar biasa… di tengah hutan lebat, ternyata ada surga yang tersembunyi yg dinamakan Air Terjun Siparis. Namun, jangan terburu-buru untuk turun ke Air Terjun.. disarankan membawa tali sepanjang 5 meter buat turun, karena medan yang lumayan terjal dan licin untuk turun menuju air terjun nya.
Air Terjun Siparis, Secercah Keindahan Alam Sumatera Utara
Sesampainya di bawah, kami pun mebuka bekal masing-masing untuk makan siang bersama beralaskan batu cadas dan berlangitkan rimbunan pepohonan. Sesi poto-poto yg tidak ketinggalan, heheheh. Adem banget air nya, menghilangkan rasa lelah yang ada.. Sungguh Indah Pemandangan Air Terjun Siparis yang mempunyai ketinggian sekitar 20 Meteran ini.

Sang Ranger berkata kepada kami bahwa masih ada lagi air terjun setinggi 100 meter kalau kita masih sanggup tracking 3 jam lagi. Namun waktu telah menunjukan pukul 16.00 wib, sehingga kamipun mengakhiri petualangan kami sampai disini saja dan segera bergegas meninggalkan Air Terjun siparis dan tidak lupa membawa kembali sampah pulang buat di buang di tong sampah disekitaran rumah warga.
Setelah sampai di parkiran sembari membersihkan diri dan berganti baju, kami pun bertanya kepada ranger, "selain jalan dari galang yang merupakan rute saat kami datang, apakah masih ada jalan lain yang terdekat menuju ke Medan?". Rupanya warga menyarankan kami untuk pulang melalui daerah STM Hilir, walaupun akses jalannya sepanjang 5 KM meter rusak parah dan menurun tapi ternyata lebih dekat dan jalan tersebut melewati kawasan objek wisata Air Terjun Tanjung Raja dan Danau Linting. Nah lohh… dekat kali ternyata dari belakang, walaupun akses jalannya lumayan parah.
Air Terjun Siparis, Secercah Keindahan Alam Sumatera Utara
Jadi jika melalui jalur STM Hilir maka kita akan melewati Jembatan Lau Luhung, Danau Linting, Air Terjun Tarunggang serta melewati Deli tua dan bubar ke rumah masing. Demikianla cerita singkat saya tentang Air Terjun Siparis, Secercah Keindahan Alam Sumatera Utara ..... Semoga bermanfaat ..^_^..

Written By : Weli KEMA
Photo By   : Dokumentasi KEMA

4 komentar untuk "Air Terjun Siparis, Secercah Keindahan Alam Sumatera Utara"

1. Surga yg Tersembunyi di antara belantara Hutan

BalasHapus
    Balasan
    1. air terjun yang indah,, semoga tetap terjaga kelestariannya.. :)

Hapus
  2. Aksesnya jauh juga sampe 1,5jam, lumayan pegel juga buat orang awam kalau mau kesana, btw makasih informasinya :)