Travel Blogger

Tanamlah Pohonmu Untuk Masa Depanmu

Tanamlah Pohonmu Untuk Masa Depanmu - Apa yang kamu rasa tentang perubahan iklim bumi saat ini? Apa perubahan lingkungan yang kamu lihat dan rasakan saat ini? Semua pasti melihat dan merasakan perubahan yang terjadi. Cuaca semakin panas, Pepohonan hijau semakin habis, dan kerusakan alam pun semakin nyata terlihat. Kerusakan yang terjadi khususnya pada hutan, bukan cuma terjadi karena ulah oknum perusahaan-perusahaan namun oleh segelintir individu juga melakukannya demi sebuah satu tujuan yang menguntungkan. Beragumen, kritik ataupun perdebatan tentang semua yang telah terjadi tidak akan menyelesaikan berbagai masalah yang ada. Butuh sebuah tindakan nyata yang harus dilakukan untuk berusaha memperbaiki semuanya salah satunya yaitu penanaman pohon kembali.
Tanamlah Pohonmu Untuk Masa Depanmu
Beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh beberapa komunitas Alam yang ada di Medan. Kegiatan memang dilakukan dalam rangka hari Menanam Pohon Nasional. Kegiatan dengan tema Go Green tentunya membangkitkan semangat para pemuda-pemudi untuk kembali sama-sama memperbaiki dan menjaga lingkungan. Salah satu kegiatan sederhana saat itu yaitu melakukan aksi menanam Mangrove di Desa Sei Baharu Hamparan Perak. Ada 300 Pohon lebih yang ditanam. 

Tanamlah Pohonmu Untuk Masa Depanmu mungkin adalah kata-kata yang asik buat kita bersama. Aksi menanam pohon ini memang sederhana menurut saya, tapi ini merupakan satu bentuk nyata untuk memperbaiki Alam yang telah banyak rusak. Menanam mangrove tentunya punya banyak manfaat, salah satunya mencegah dari Abrasi laut yang bisa membuat banjir dan merusak rumah warga yang tinggal di sekitar pantai, selain itu mangrove juga bisa diolah menjadi olahan makanan yang bisa diproduksi dan dijual tentunya menambah pemasukan bagi warga sekitar.
Tanamlah Pohonmu Untuk Masa Depanmu
Sempat berbincang dengan warga disekitar saat melakukan aksi menanam pohon magrove waktu itu, dimana saat itu pohon-pohon mangrove telah ditanam oleh mereka namun kemudian banyak yang rusak kembali, yang disebabkan oleh-oleh orang yang tidak peduli terhadap lingkungan. Namun,, sebahagian warga yang peduli akan mangrove terus berupaya untuk menjaga dan menanam kembali. Kehadiran kami untuk menanam mangrove di desa mereka merupakan hal yang positif dan sangat didukung sepenuhnya oleh warga desa disana. Karena dengan begitu bisa memberikan motivasi kepada orang lain yang melihat untuk ikut serta menanam pohon juga.
Tanamlah Pohonmu Untuk Masa Depanmu
Banyak sudah lahan hutan yang seharusnya tetap alami dan asri akhirnya digundul dan ditanam kembali, namun yang ditanam sebuah tanaman keras seperti pohon sawit. Sudah jelas apa tujuan ditanamnya pohon ini. Seperti dilokasi kami menanam mangrove saat itu, banyak pula pohon sawit yang terlihat baru ditanam beberapa tahun belakang saja. Terlihat lucu sih ada sawit diantara para mangrove. cckckckck

Intinya marilah sama-sama untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan, jika kita tidak mampu untuk berbuat baik untuk lingkungan, setidaknya jangan merusak apa yang telah ditanam dengan baik. Sebagai pejalan, traveler, wisatawan apapun itu yang hobinya bepergian ke alam khususnya, tetaplah untuk menahan diri dari namanya merusak. Yokkkk Tanamlah Pohonmu Untuk Masa Depanmu, semoga bermanfaat,^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

11 komentar:

  1. Balasan
    1. makasih ya bang,, sudah diajakin gabung acara diatas,, :)

      Hapus
  2. Alhamdulillah masih banyak yang peduli


    oh iya, itu yang diolah jadi makanan bagian mangrove mana nya ya? O.o

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah masih banyak yang peduli lingkungan,,

      bisa daun dan batangnya yang diolah, ada yan diolah jadi kerupuk loh,, :)

      Hapus
  3. waaahaa, banyakkk banget yang berpartisipasiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,,, alhamdulilah banyak yang masih mau melestarikan lingkungan diantara banyak yang merusak juga,, heheh

      Hapus
  4. Kegiatannya seru... manfaatnya juga banyak ternyata ya. Tapi apa jadinya mangrove tadi kalau ada diantara pohon sawit? Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak,, bermanfaat untuk masa depan kita kak,, tapi itulah terkadang demi bisnis, pohon lain yang ditanam ditempat yang kurang pas.. :)

      Hapus
  5. Beberapa waktu lalu saya dan temen-temen bersih-bersih di air terjun yang ada di Jombang. Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga bumi ini #tsaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas,,, harus bisa sama" menjaga tempat yang berpotensi menjadi objek wisata tentunya,, agar bisa dinikmati dimasa depan. :)

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.