Contributor

Makanan Sehat dan Praktis Saat Mendaki Gunung

Makanan Sehat dan Praktis Saat Mendaki Gunung - Mendaki bukan hal yang sepele, memang ada gunung yang sudah mudah didaki dengan jalur pendakian yang tidak sulit, tapi pada umumnya mendaki gunung adalah perjalanan yang sulit dan membutuhkan fisik yang kuat. Sebelum mendaki gunung sebaiknya pendaki menyiapkan segala kebutuhan secara baik. Khususnya mempersiapkan logistik makanan selama pendakian.
Makanan Sehat dan Praktis Saat Mendaki Gunung
Banyak pendaki yang tidak memperhatikan bahan makanannya saat mendaki, dan paling sering hanya mempersiapkan bekal Mie Instan yang dianggap ringan dibawa dan mudah untuk dimasak. Namun sebenarnya tidak cukup baik jika hanya makan mie instan.

Salah satu makanan yang baik saat mendaki gunung yaitu nasi. Tapi banyak yang merasa berat untuk membawa beras dan repot memasaknya nanti. Tapi saya ada tips dan trik mempersiapkan bekal nasi saat mendaki gunung, dimana nasi tersebut bisa bertahan hingga 3-5 hari lohh,, Saya sendiri sudah merasakan nasi tersebut yang dibawa teman saat mendaki Gunung Sibuatan Beberapa waktu lalu. Nasi Anti Basi, semua bisa membuatnya dengan mudah. Membuat Nasi Anti Basi ini dibuat oleh teman saya Mahdiyyah yang saat itu ikut mendaki gunung. Silahkan simak Resep dan cara membuatnya.


Bahan :
  • Beras 4 Mug (Bisa disesuaikan dengan kebutuhan)
  • Agar-Agar Swallow 1 Bungkus
  • Gula dan Garam Secukupnya
Alat :
  • Rice Cooker
  • Plastik Wrap
    Plastik Warp
    Plastik Warp
Cara Membuat Nasi Anti Basi :
  1. Cuci beras
  2. Masukkan kedalam ricecooker dan tambahkan air seperti saat memasak nasi biasa (1 kuku di atas beras)
  3. Campurkan agar-agar swallow seluruhnya
    Membuat nasi Anti Basi untuk Mendaki Gunung
  4. Aduk rata 
  5. Tambahkan sedikit garam dan gula untuk perasa
  6. Saatnya ricecooker di nyalakan
  7. Setelah masak tunggu dingin sebentar lalu di bungkus dengan plastik wrap, jadi deh!
    Membuat nasi Anti Basi untuk Mendaki Gunung
  8. Menu tambahan bisa membawa Abon atau Ikan teri yang telah digoreng Plus Sambal
    Makanan Sehat dan Praktis Saat Mendaki Gunung
  9. Enak Deh Pokoknya...
Nah, nasi anti basi ini bila tidak di gabung dengan lauk yang lain dapat bertahan sekitar 5 hari. Sedangkan bila di campur dengan lauk sederhana seperti ikan teri, sambal atau abon bisa bertahan 2-3 hari. Rasa nasi ini ga ada bedanya dengan nasi yang biasa di makan, kalau saat naik gunung kita ga perlu repot-repot bawa berasa atau pangan mentah. Kalau bawa nesting kita bisa menghangatkan nasi ini. 

Kenapa tidak basi? Karena lapisan agar-agar membantu bulir nasi tidak cepat terkontaminasi dengan mikroba di luar dan didukung oleh pengemasan rapi dengan plastik wrap. Kenapa harus agar-agar swallow? Sampai sekarang yang benar-benar agar-agar adalah merk swallow atau bola dunia, karena pernah coba dengan merk lain seperti pakai nutr*j**l akan mempengaruhi rasa. Gak enak.

Jadi, buat para pendaki, Nasi Anti basi ini bisa menjadi pilihan Makanan Sehat dan Praktis Saat Mendaki Gunung agar tidak selalu mie instan, dan tentunya lebih sehat dan bertenaga untuk Mendaki Gunung.

Contributor : Mahdiyyah
Website       : www.mahdiyyah.com

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

12 komentar:

  1. kerreeeeennn ntar kalo ke gunung tinggal buat ini aja bekalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget,,, kalau mau naik gunung, makanan ini praktis dan sehat saat mendaki gunung.

      Hapus
  2. Wahhh, bisa juga dicoba nih, agar-agar yang digunakan harus yang rasa plain yah? Biar nggak mrmpengaruhi rasa dari nasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba kak, gak harus naik gunung kok, untuk bepergian kemana pun bisa bawa nasi ini.. :)

      Hapus
  3. Nasi kepal jadinya ya.. hehehe. Aku gak pernah ngebayangin nasi gak akan basi kalau dibikin model begini :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhahah,,, telah teruji kak, saat kami mendaki ke Gunung Sibuatan, Sumatera Utara, temen buat nasi begitu dan kami juga makan, hehehe

      Hapus
  4. wah.. keren banget ini tipsnya. lebih praktis bawa nasi beginian. soalnya seringnya kalau naik gunung males banget mau masak karena udara yang dingin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, nasi Anti basi untuk naik gunung memang praktis,, karena terkadang cuaca diatas gunung tidak bisa diprediksi,, kalau lagi badai tentunya akan sulit masak memasak diatas gunung

      Hapus
  5. Kak.. ini kepalin dan ngwrap nasi nya nunggu dingin dulu atau ketika msh hangat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, pertnyaan sy yg atas abaikan sj. Td Baca nya kurang teliti, hehe. Lalu, Beras 4 mug itu kira2 bs buat persediaan brp hari?

      Hapus
    2. banyak nya beras tergantung seberapa banyak kita makan kak,,

      intinya ketahanannya mencapai 3harian

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.