Air Terjun Tonduhan, Simalungun, Sumatera Utara

Air Terjun Tonduhan, Simalungun, Sumatera Utara - Traveling tidak selamanya berjalan mulus dan terkadang tidak sekedar tentang tujuan. Sebab jika tidak menemukan tujuan yang ingin kita capai, pastilah kita akan merasa kecewa. Jadi Traveling itu harus dinikmati setiap inci perjalanannya apalagi bersama teman-teman, perjalanan semakin seru dan menyenangkan. 
Air Terjun Tonduhan Siantar Simalungun, Sumatera Utara
Ini lah yang terjadi saat trip minggu lalu tepatnya tanggal 31 Januari 2015. Tidak ada Pohon, akar pun jadi lah,, ini lah ungkapan yang bisa disamakan dengan trip yang lalu. Karena pada misi awal saya bersama teman-teman itu ingin mengunjungi Air Tejun Sipitu Tikka namun apa daya, kami tidak bisa untuk memasukinya yang Akhirnya kami hanya singgah di Air Terjun Tonduhan.

Air Terjun Sipitu Tika itu berada di Desa Buntu Turunan, Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, tepatnya berada di PLTMH (Perusahaan Listrik Tenaga Mikro Hidro) Silau Lau. Ini lah yang membuat kami pada saat itu gagal untuk melihat air terjunnya, karena berada dalam lingkup Perusahaan,, tidak bisa sembarang orang untuk memasukinya. 

Mungkin beberapa teman lain yang bisa masuk pada waktu lain, dya sedang beruntung. heheheh. Akhirnya dari pada pulang dengan hampa, kami pun memutar arah untuk ke Air Terjun Tonduhan. padahal perjuangan banget untuk sampai ke air terjun sipitu tikka itu.
Air Terjun Tonduhan Siantar Simalungun, Sumatera Utara
Air Terjun Tonduhan berada Desa Buntu Bayu, Kecamatan Tonduhan, Simalungun. Berada di areal perkebunan kelapa sawit PTPN IV Hatonduan, 33 Km dari Pematang Siantar, 2,6  Memerlukan waktu sekitar 1 Jam dari Kota Siantar. Dapat ditempuh dengan mobil dan sepeda motor. Jalan menuju air terjun tidak beraspal namun cukup baik dan rata. 

Kita harus melewati persawitan untuk dapat ke air Terjun ini. Air Terjun Tonduhan ini tidak lah terlalu populer dan mungkin hanya ramai dikunjungi warga sekitar Siantar dan Tanah Jawa. Untuk sampai di bawah air terjun, kita harus menuruni anak tangga yang telah dibuat oleh pengelola, namun jika malas turun, kita juga masih bisa menikmati dari atas saja, Seperti Air Terjun Sipiso-piso yang dari jauh saja sudah bisa dilihat.
Air Terjun Tonduhan Siantar, Tanah Jawa
Untuk Biaya parkir Air Terjun Tonduhan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000,- / motor. sudah termasuk biaya retribusi memasuki air terjun Tonduhan Siantar ini. Debit air terjun lumayan deras, jika musim hujan, air akan terlihat keruh. Semakin sore pengunjung akan ramai dikunjungi anak-anak remaja yang tinggal tidak jauh dari Air terjun ini. Sebenarnya ada banyak air terjun lain di daerah Tanah Jawa, Simalungun ini, jika anda khususnya penjelajah alam mau mengeksplornya.
Air Terjun Tonduhan Siantar

Nah, buat kalian yang berada di Siantar dan sekitarnya yang tertarik bisa mengunjunginya langsung untuk melihat langsung Wisata Alam Sumatera Utara ini. Demikianlah informasi singkat tentang Air Terjun Tonduhan, Simalungun, Sumatera Utara, semoga bermanfaat..^_^..

4 komentar untuk "Air Terjun Tonduhan, Simalungun, Sumatera Utara"

  1. Senangnya bisa menikmati air terjun, murah pula ya biaya masuknya..Kok gak ada foto mandi di air terjunnya mas? hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,, gak cocok untuk mandi dibawahnya,, karena debitnya besar udah gitu keruh dibawahnya mbak...

      Hapus
    2. kalau dilihat dari gambar minusnya cuma 1, air nya yang keruh.
      Tp uda mantapp itu :)
      Itu yang difoto seperti nya saya mengenal beberapa dari mereka wkwkwk

      Hapus
    3. hahhaa, iya mbak tia, dari pada pulang tanpa hasil,, mendingan ya foto di air terjun ini,, )

      Yaelaahhh,, itu teman-teman mbak lah,, :D

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com