pantai

Jalan-Jalan ke Pantai Ocean Pasifik Belawan

Jalan-Jalan ke Pantai Ocean Pasifik Belawan Pantai Ocean Pasifik atau biasa disebut Pantai Olo Belawan - Hari minggu merupakan hari yang asik tentunya untuk jalan-jalan, entah itu bersama sahabat maupun keluarga. Minggu, 23 Nopember 2014, saya bersama sahabat lama yaitu Eko, Putri dan Rahma akhirnya memilih mengikuti kemauan saya untuk jalan-jalan ke Belawan. Mungkin ini adalah  pertama kalinya saya bisa jalan-jalan di Belawan. Siapa yang tidak tahu tentang Belawan? meski ada yang belum pernah kesana, setidaknya pernah dengar tentunya. Belawan disebut sebagai kota Pelabuhan. Belawan berada di arah utara Kota Medan, dengan jarak sekitar 27 km dari ibukota Provinsi Sumatera Utara tersebut. Sekitar pukul Setengah dua siang, kami pun bergerak ke Belawan menggunakan Sepeda Motor dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Selain menggunakan sepeda motor, bisa juga menggunakan mobil, angkutan umum ataupun kereta api untuk jalan-jalan ke belawan.

Belawan merupakan salah satu pelabuhan besar yang ada di Indonesia. Pelabuhan Belawan menjadi salah satu pintu masuk bagi pelaku perdagangan dan pariwisata luar negeri di wilayah barat Indonesia. Sebagai kota Pelabuhan, Belawan juga memiliki potensi wisata yang menarik, khususnya wisata Bahari. Meskipun Belawan dianggap sebagai kota kecil namun memiliki potensi wisata pantai yang kerap dikunjungi warga Medan dan wisatawan lainnya. Sebelum sampai di Belawan, ada beberapa destinasi wisata lain yang layak anda kunjungi yaitu Danau Siombak, yang merupakan danau yang ada di Medan, Museum Situs Kota Cina dan Masjid Al-Osmani atau Masjid Labuhan yang merupakan Masjid Tertua di Medan.
Jalan-Jalan ke Pantai Ocean Pasifik Belawan
Pantai Ocean Pasifik atau biasa disebut Pantai Olo oleh masyarakat sekitar, merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga yang ada di Belawan, disini kita bisa bersantai sambil memandangi luasnya laut yang indah serta lalu lalang kapal-kapal nelayan. Pantai Ocean Pasifik ini dulunya dibangun oleh Olo Pangabean. Jika Dari Medan untuk sampai ke Belawan, kita bisa mulai beramgkat dari Kantor Pos Pusat Medan, lalu tinggal terus saja melalui jalan Yos Sudarso. Jika sudah sampai belawan ujung, maka kita akan menemukan persimpangan seperti dibawah ini
Jalan-Jalan ke Pantai Ocean Pasifik Belawan
Jika kita belok kekiri, maka akan menuju ke Pelabuhan Belawan, melihat kapal-kapal besar yang berlabuh untuk bongkar muatan ataupun sedang melakukan perbaikan kapal. Tentunya Area ini adalah area yang terbatas dan dipagari sehingga tidak bisa sembarangan masuk untuk pengunjung umum. Kita bisa mengelilingi dan melihat dermaga yang ada dan tentunya ada pelabuhan untuk penumpang dan lanjut ke Pantai Ocean pasifik. Jika berbelok kekanan dari persimpangan tadi, kita akan menuju ke Pantai Ocean Pasifik dengan lebih cepat, namun tidak melihat pelabuhan dengan kapal-kapal besar yang bersandar.
Pantai Ocean Pasifik Belawan
Sekitar 1 jam perjalanan, kini tibalah kami di gerbang masuk Pantai Ocean Pacifik. Biaya retribusi masuk ke pantai yaitu Rp 10.000,-/Sepeda motor dan Rp 20.000,-/Mobil. Parkir kendaraan cukup luas. Saat itu cuaca sangat cerah dan angin yang berhembus dari laut begitu menyejukkan. Kami pun mulai berkeliling di Sekitar Pantai. Menurut teman saya Eko, dulunya tempat ini sangat bagus dan bersih, namun semenjak pemiliknya meninggal yaitu Olo pangabean, pantai ini kini kurang terawat. Terlihat banyak mainan seperti ayunan, perosotan, gubuk-gubuk memancing banyak yang sudah rusak.
Pantai Ocean Pasifik Belawan
Saatnya jalan-jalan mengelilingi Pantai Ocean pasifik ini. Tidak lupa kamera Handphone serta Tongsis milik Rahma pun dibawa. Banyak kapal nelayan yang bersandar di pinggir pantai, dan banyak pula kapal yang berlalu lalang di laut belawan ini. Selain itu, ramai orang yang memancing disini, tidak hanya bapak-bapak, anak-anak, dan ibu-ibu juga ada yang ikut serunya memancing di Ocean Pasifik ini. Seru rasanya melihat mereka memancing, ada yang mendapatkan banyak ikan, meski ukurannya tidak besar.
Ocean Pasifik Belawan
Cuaca yang cerah tentunya membuat sore itu terlihat indah, Senja yang membuat ku terpana, seakan ingin berlama-lama di tempat ini hingga mentari tenggelam. Selain menikmati pemandangan laut. Ocean Pasifik ini juga menyediakan beberapa fasilitas diantaranya cafe, Musholla, taman bermain untuk anak-anak, serta Panggung yang besar untuk Live Musik di sore Hari. Pantai Ocean pasifik memang menarik untuk bersantai, namun ada satu hal lagi yang membuat minus tempat ini, yaitu banyaknya sampah yang berserakan di pinggiran pantai. ditambah lagi memang disekitar tempat ini tidak terlihat adanya tong-tong sampah. Menurut saya, butuh pengelolaan dan perawatan kembali, agar tempat wisata ini bisa tetap dan semakin ramai serta membuat nyaman para pengunjung.
Jalan-Jalan ke Pantai Ocean Pasifik Belawan
Belawan tidak hanya terkenal wisata baharinya, namun wisata belanja dan kulinernya juga begitu menarik untuk dilihat. Seperti pasar keramik, disana anda bisa berbelanja keramik dengan kualitas yang sangat bagus, karena keramik ini merupakan barang impor dari negara-negara tetangga. Selain itu buat yang ingin menyari pakaian Monza, disini juga banyak. namun uniknya mereka berjualan di pinggiran rel kereta api, sementara kereta Api masih sering aktif lewati rel ini. Banyak hal-hal menarik yang bisa kita temukan di Kota Pelabuhan Belawan ini.
Wisata Belanja Belawan
Demikianlah Informasi singkat tentang Jalan-jalan ke Pantai Ocean Pasifik Belawan bersama sahabat Medan Wisata, semoga bermanfaat dan semoga tempat wisata ini kembali dikelola dengan baik ^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

4 komentar:

  1. wah kapan ya bisa ke Medan, pantai selalu membuat aku terpana dengan hamparan air yang membiru dan riak-riak gelombang yang terdengar seperti nyanyian alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh, bagus puisi nya kak.. :)

      Pantai sih gk cuma di Medan kok kak, masih banyak yang indah di Sumatera Utara ini.

      Hapus
  2. Pantai oh pantai... menyenangkan selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang,, menyenangkan dengan anginnya yang sepoy-sepoy.
      hehhehe

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.